Kamis, 15 November 2012

Modul 1 Praktikum Teknologi Informatika 2012


1.      Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berbasis grafik dan dapat diproses dengan cepat.

http://3ka-09.digimon.tv/t9-pengertian-visual-basic

2.      Penemu Visual Basic adalah Alan Cooper, Alan Cooper ialah seorang Amerika desainer perangkat lunak dan programmer. Pada tahun 1988, Ia menciptakan bahasa pemrograman visual yang di beri nama ruby. Setelah Alan Cooper menunjukan ruby ke Bill Gates, Microsoft membelinya. Kemudian dikenalkan pada tahun 1991 setelah Ruby di padukan dengan Microsoft menjadi Visual Basic.
Kegunaan Visual Basic adalah untuk menghasilkan program-program aplikasi yang berbasiskan windows dan dapat diproses dengan cepat.

http://en.wikipedia.org/wiki/Alan_Cooper
http://3ka-09.digimon.tv/t9-pengertian-visual-basic

3.      Sejarah Perkembangan dari Visual Basic (VB1 to VB 10)
vProyek “Thunder” dirintis
vVisual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada Comdex/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia
v Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992
v Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992
v Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi  versi standard dan professional.
v Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya.
v Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk  versi windows 32 bit .
v Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based .
v Visual Basic .NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002
v Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
v Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan beberapa fitur baru, diantaranya : 
a.   Edit and Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari  VB .NET . pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan
b.      Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1. 
v IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is Y  menjadi If X  IsNot Y
v Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft
v Visual Basic “Orcas” (VB 9.0) , dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangun diatas .NET 3.5. Pada rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur.
v True Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value)  yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF
- LINQ Support
- Ekspresi Lambda
- XML Literals
- Nullable types
- Type Inference
v Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0) , Visual Basic 10, yang  juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian dari SilverLight 1.1

http://cimahi-one.com/knowledge/idx.php/20/141/Source-Code-Program-Aplikasi-dengan-VB/article/Perkembangan-pemrograman-Visual-Basic-daridulu-sampai-sekarang.html2010

4.      Macam-macam bahasa pemrograman yaitu:
a. Visual Basic
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang berbasis grafik. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic. Tetapi Visual Basic juga memiliki beberapa kelemahan yaitu Visual Basic sebenarnya merupakan bahasa pemrograman yang powerful, tetapi tidak terlalu baik untuk membuat game-game yang memuaskan. Di sisi lain Visual Basic memiliki kelebihan yang cukup banyak, salah satunya ialah bahasanya yang sederhana, sehingga ketika menggunakan Visual Basic kita dapat dengan mudah mengerjakan suatu program tersebut dibandingkan dengan kita memakai bahasa pemrograman yang lain. Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.
b. Pascal
Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language). Kelemahan dari bahasa pemrograman Pascal ialah Bahasa Pascal juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics). penggunaanya tidak fleksibel. Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal ialah Sederhana dan Ekspresif, lebih terstruktur, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
c. Bahasa C
Bahasa C merupakan bahasa tingkat menengah (middle level), akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Kemudian Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Kelemahan bahasa C adalah  jika digunakan oleh pemula umumnya akan kesulitan menggunakan pointer, fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai. Sedangkan kelebihan dari bahasa C adalah Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, bahasa C hampir tersedia di semua jenis komputer.

d. Delphi
Delphi menjadi sarana pemrograman aplikasi visual. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Banyak aplikasi yang dapat dikembangkan dengan Delphi seperti operasi perhitungan matematis, grafis, Pengolah kata, Spreet Sheet, games dan basis data. Kelemahan dari bahasa pemrograman Delphi ialah Pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman dengan bahasa Pascal akan mengalami kesulitan ketika mencoba untuk pertama kalinya, tidak dapat membetulkan otomatis jika terjadi kesalahan ketika ada perubahan komponen dikarenakan Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, akan diikut sertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code. Sedangkan Kelebihan dari bahasa C dokumentasinya cukup lengkap, Komponen yang disediakan sudah cukup lengkap tanpa harus add component dari sumber lain dan sifatnya freeware.
e. Java
Java dikenalkan
oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut Sun  definisi Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone atau pada lingkungan jaringan. Java juga dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithreaded. Kelemahan dari Java sendiri adalah program yang dibuat dalam bahasa Java relatif lebih banyak membutuhkan waktu saat di eksekusi (lebih lama) hal itu dikarenakan untuk menjalankan programnya dibutuhkan JVM (perantara antar program dan sistem operasi). Sedangkan kelebihan dari Java adalah bahasa Java saat ini termasuk bahasa pemrograman yang relatif mudah untuk dipelajari karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku maupun di internet

http://blog.uin-malang.ac.id/fengki27/2011/10/01/macam-macam-bahasa-pemrograman/

5.      Ada dua macam Flowchart diantaranya:
a. System Flowchart   : urutan proses dalam suatu system yang melibatkan alat media input,output, serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan suatu data.
b. Program Flowchart : urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol atau tanda tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

http://www.slideshare.net/AlanMoehammad/algoritma-dan-flowchart

6.      Toolbox adalah kumpulan objek yang digunakan untuk kontrol pada sebuah program. Komponen-komponen dalam toolbox:
a. Pointer                     : Gunakan pointer jika ingin memilih komponen kontrol yang sudah terpasang di form.
b. Frame                      : Untuk membuat sebuah bingkai.
c. ComboBox              : Merupakan tool untuk membuat control kombinasi antara Textbox dengan Listbox.
d. Label                       : Berfungsi untuk membuat text dan si pemakai dapat mengedit texs tersebut.
e. CheckBox               : Berfungsi untuk membuat control pilihan, dimana kontrol ini terpilih jika di klik user. CheckBox dapat di pilih 1 atau lebih.
f. HScrollBar               :  Untuk membuat Scrollbar secara horizontal
.
g. DirListBox              :  Untuk menampilkan direktori atau folder.
h. Timer                       :  Untuk kontrol waktu.
i. Shape                       :  Untuk membuat kotak, persegi panjang atau lingkaran.
j. OLE                         :  Untuk menghubungkan software lain ke form.
k. Image                      :  Untuk membuat gambar.
l. PictureBox               :  Untuk menampilkan gambar di form.
m.  CommandButton  :  Untuk membuat tombol, seperti tombol OK, cancel, dan sebagainya.
n. TextBox                  :  Untuk membuat teks yang bisa di ubah-ubah oleh user.
o. VScrollBar              :  Untuk membuat Scrollbar secara vertikal.
p. ListBox                   :  Untuk membuat daftar pilihan.

q. OptionButton          :  Fungsinya sama seperti CheckBox, namun OptionButton hanya dapat di pilih 1 oleh user.
r. DriveListBox           : Untuk menampilkan drive yang ada di komputer.
s. Line                         : Untuk membuat garis.
t. Data                         : Untuk menghubungkan database ke form.
u. FileListBox             : Untuk menampilkan file-file.

http://rezablockkk.blogspot.com/2011/10/fungsi-komponen-kontrol-pada-toolbox.html

7.      Tipe-tipe data adalah sebagai berikut:
a.       Tipe data byte membutuhkan ukuran 1 byte yang rentangnya dari 0 sampai 255
b.      Tipe data boolean dengan ukuran 2 byte dan memiliki rentang True atau False
c.       Tipe data interger berukuran 2 byte dan memiliki rentang -32,768 sampai 32,767. Termasuk tipe data numerik.
d.      Tipe data currency berukuran 8 byte dengan rentang -922, 337, 203, 685, 477.5808 sampai 922, 337, 203, 685, 477,.5807
e.       Tipe data objek memiliki ukuran 4 byte dengan rentang referensi – referensi objek.
f.       Tipe data variant memiliki ukuran 16 byte dengan rentang nilai – nilai angka Double.
(Buku pemrograman Visual Basic 6.0)

8.      Algoritma adalah aliran logis yang bisa memecahkan masalah yang berisi instruksi-instruksi. Algoritma harus detail dan  jelas,tidak ambigu/ragu-ragu,mudah di transfer ke program computer,tidak tergantung bahasa pemrograman.

(buku catatan Mata Kuliah Teknologi Informatika)

9.      IDE (Integrated Development Environment) merupakan program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang di perlukan dalam pembangunan program perangkat lunak, Tujuan dari IDE sendiri adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.
macam-macam IDE terdiri dari :

http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_pengembangan_terpadu

10.  Menurut saya flowchart merupakan suatu metode untuk menggambarkan tahap – tahap dalam penyelesaian masalah, mudah dimengerti,berbentuk grafik, dan berfikir sistematik Ada dua macam Flowchart diantaranya ada System Flowchart dan Program Flowchart.

(buku catatan Mata Kuliah Teknologi Informatika)
http://www.slideshare.net/AlanMoehammad/algoritma-dan-flowchart
http://carapedia.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar